Pendiri Drone Emprit Luruskan Foto AHY dan Keluarga di AS

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pendiri Drone Emprit Ismail Fahmi membagikan tips menemukan sumber foto di internet. Hal itu perlu dilakukan agar warganet bisa mengetahui kapan pengambilan foto tersebut dilakukan.

“Sumber foto yang dicantumkan tutorial ngecek orisinalitas foto. Di komentar-komentar cuitan ini banyak yang tanya, apakah ini foto lama atau baru. Ini caranya, install RevEye extension di Chrome. Right click fotonya, Reverse Image, Yandex. Dari daftar sumber foto, pilih salah satu,” kata Ismail lewat akun Twitter, @ismailfahmi di Jakarta, Jumat (5/11). Republika sudah meminta izin untuk mengutip status tersebut.

Ismail mengomentari akun Twitter Nila Murti Tanjung @nila_mrt, yang membagikan foto Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bersama istri dan anaknya sedang berlibur di Hongkong. Hanya saja, narasi yang dibuat Nila Murti mengatakan, jika AHY bersama keluarga ikut Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berobat ke Amerika Serikat (AS).

Ismail pun menemukan fakta jika foto yang diunggah Nila Murti bukan diambil sekarang. “Ketemu, foto lama November 2018,” ucapnya.

Baca: AHY Dikukuhkan Jadi Mahasiswa Baru Unair

Sebelumnya, Nila Murti membuat narasi jika AHY dan keluarga bukan contoh yang baik bagi rakyat Indonesia. Dia menuding, AHY ikut SBY untuk memanfaatkan berlibur di AS dengan mengajak keluarga, dengan memakai uang negara.

“Kita rakyat se-Indonesia mendoakan Bapak mantan yang sedang mengidap cancer prostat berobat ke Amerika, yang ini ikut rombongan, bukannya prihatin la kok malah dimanfaatkan untuk berwisata sambil selfie-selfiean. Mentang-mentang dibiayai negara,” kata Nila yang akunnya tercantum bendera merah putih.

Sontak saja, status yang dibuat Nila mendapat tanggapan dari warganet, yang mengecam ulah AHY dan Annisa Pohan maupun Almira Tunggadewi Yudhoyono (13 tahun). Bahkan, ada komentar yang menyebut jika AHY tidak taat protokol kesehatan (prokes) lantaran foto-foto tidak memakai masker saat pandemi Covid-19. Hanya saja, dapat dipastikan jika foto itu hoax.

Foto itu diambil di Hong Kong, dan pernah diunggah akun Instagram Annisa pada 31 Maret 2021. Hanya saja, kemudian mulai banyak akun yang mengkonter dan meluruskan jika foto itu bukan di negeri Paman Sam, melainkan di Hong Kong. Sehingga Nila dituding telah menyebarkan hoax.

Ini bukan contoh yg baik bagi kita.

Kita rakyat se Indonesia mendoakan Bapak mantan yg sedang mengidap cancer prostat berobat ke Amerika, yg ini ikut rombongan, bukannya prihatin la kok malah di manfaatkan utk berwisata sambil selfie-selfiean.
Mentang 2 di beayai negara. 😭 pic.twitter.com/H7TtIaqLo5

— Nila Murti Tanjung 🇮🇩 (@nila_mrt) November 5, 2021

Link: https://www.republika.co.id/berita/r23rel484/pendiri-drone-emprit-luruskan-foto-ahy-dan-keluarga-di-as

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s