Kupas Perkembangan Teknologi Terkini, Precision 4Th Sukses Digelar

RIAU24.COM –  Predatech Creation and Inspiration of Technology atau PRECISION merupakan agenda tahunan yang ditaja oleh organisasi Puzzle Research Data Technology (PREDATECH) UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Kegiatan ini bertujuan mengupas perkembangan teknologi era modern. 

Di tahun 2020, Precision hadir kembali dengan suasana yang berbeda. Adanya pandemi Covid-19 tidak menyurutkan Predatech menjalankan agenda. Berangkat dari sistem virtual menggunakan media pembelajaran online, 4th precision mengangkat tema “Raise The Energy for Future Technology” dengan menghadirkan 5 Webinar Nasional sekaligus, diantaranya: Machine Learning and Deep Learning Research, Big Data and Bioinformatics Research, Research Applied Artificial Intelligence and Data Mining, Fundamental and Research Big Data Analytic, dan User Experience (UX) Design Research.

Kegiatan berturut-turut diadakan tiap minggu mulai tanggal 8 September 2020 hingga 6 Oktober 2020. Kelima webinar ini turut dihadiri oleh para peserta dari berbagai daerah dan provinsi di Indonesia.

Menurut Mustakim, ST., M.Kom dan Dr. Rice Novita sebagai panitia kegiatan ini, tercatat jumlah pendaftar peserta seluruh webinar lebih dari 7000 peserta dengan presensi kehadiran mencakup hingga 28 Provinsi di Indonesia.

“Pada Precision keempat ini juga menghadirkan narasumber yang tidak kalah hebat yang memiliki banyak pengalaman dan sesuai dibidangnya, seperti pada webinar Machine Learning and Deep Learning Research oleh Bapak Ismail Fahmi, Ph.D. sebagai Founder PT Media Kernels Indonesia dan juga Creator Drone Emprit. Beliau akan menjelaskan apa itu machine learning, apa saja yang harus dilakukan dan langkah-langkah memulai machine learning, serta pengaplikasiannya pada kegiatan sehari-hari,” jelasnya dalam rilis yang diterima redaksi, Rabu (14/10/2020). 

Selanjutnya ada Surya Agustian, S.T., M.Kom. menampilkan contoh aplikasi image preprocessing yang sudah banyak berkembang. “Untuk webinar Big Data and Bioinformatics Research menghadirkan narasumber Dr. Eng. Wisnu Ananta Kusuma, M.T. dan Efendi Zaenudin, M.T., Ph.D (c) yang menjelaskan bioinformatika pada kasus Covid-19 yang berhubungan erat dengan konidisi masa kini,” sambungnya.

Webinar yang tidak kalah seru yang disampaikan oleh Ibu Dr. Masayu Leylia Khodra, S.T., M.T. dan Ibu Dr. Yeni Hendriyeni, S.Si., M.Komp pada Research and Applied Artificial Intelligence and Data Mining, menjelaskan berbagai aplikasi AI dan DM pada beberapa industri kerja dan sangat membantu mempermudah pekerjaan manusia. 

Rangkaian kegiatan diakhiri dengan webinar terakhir oleh Hafiz Budi Firmansyah, S.Kom., M.Sc. dan Reski Mai Candra, S.T., M.Sc. dengan topik User Experience (UX) Design Research. 

Dalam kesempatan itu, Mustakim, ST, menyampaikan terima kasih kepada Narasumber yang sudah hadir mengisi kegiatan yang luar biasa ini. Juga kepada pimpinan Fakultas dan Universitas atas dukungan yang diberikan kepada predatech selama kegiatan berlangsung.

“Dan juga yang tidak kalah penting adalah para Alumni yang bergabung dalam organisasi predatech serta seluruh anggota predatech yang sudah susah payah menaja kegiatan ini hingga sukses. bagi yang ketinggalan jangan lupa tonton tayangan ulang di akun youtube Predatech Official ya,” ujarnya.

Link: https://www.riau24.com/berita/baca/1602661147-kupas-perkembangan-teknologi-terkini-precision-4th-sukses-digelar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s