Cara Startup Tolak Corona Lewat Gerakan 100 Juta Masker Challenge

VIVA – Pemerintah resmi mewajibkan masyarakat untuk menggunakan masker ketika keluar rumah, mulai Senin, 6 April kemarin, sebagai bagian dari upaya menangkal wabah Virus Corona COVID-19. Kewajiban ini hampir bisa dipastikan bakal membuat permintaan masker kian meningkat.

Sementara itu dikutip dari situs covid19.go.id, jumlah kasus Virus Corona COVID-19 di Indonesia pada Selasa sore, 7 April 2020, mencapai 2.738 kasus, di mana jumlah yang meninggal dunia menjadi 221 orang dan 204 orang sembuh dari wabah tersebut.

Hal ini juga mendorong sejumlah orang untuk bahu-membahu membantu upaya pemerintah untuk memutuskan rantai penyebaran COVID-19. Mulai dari donasi dana untuk yang membutuhkan hingga pembuatan masker. Salah satunya #100JutaMaskerChallenge yang dipelopori oleh pendiri Drone Emprit, Ismail Fahmi.

“Ini merupakan gerakan masif yang dibuat untuk melindungi diri kita di tengah pandemi Virus Corona. Nah, ini juga bisa menjadi solusi bagi yang sedang mencari masker,” katanya, melalui akun Twitter.

Ia pun mengajak bagi siapa saja yang bisa memproduksi/menjual masker, untuk menyediakannya kepada masyarakat luas. Untuk mendukung gerakan #100JutaMaskerChallenge, Startup Automate.id menyediakan platform marketplace berbasis WhatsApp yang dilengkapi dengan chatbot.

Pendiri dan Kepala Eksekutif Automate.id, Jauringkang Tabah, mengatakan bahwa platformnya gratis bagi penjual dan pembeli. Menurutnya, penjual dikumpulkan dalam satu nomor WhatsApp, sehingga para pembeli tidak perlu menghafalkan banyak nomor.

“Chatbot ini nantinya yang sekaligus melayani registrasi penjual dan transaksi pembeli,” ungkap Jauringkang.

Penjual dan pembeli silakan kontak langsung ke nomor WhatsApp 085 6979 69039 atau klik wa.me/6285697969039 dan untuk melihat sebaran penjual dan mekanismenya, serta kunjungi maskcare.automate.id.

Jauringkang menjamin, lewat platformnya ini, baik pembeli maupun penjual akan terhindar dari penipuan. Hal itu karena Automate.id akan bertindak sebagai rekening bersama. “Sistem juga menyediakan hitung ongkos kirim otomatis dengan beragam metoda pembayaran seperti transfer bank, kartu kredit hingga virtual account,” jelas dia.

Link: https://www.viva.co.id/digital/startup/1209634-cara-startup-tolak-corona-lewat-gerakan-100-juta-masker-challenge

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s