Kasus Ferdy Sambo, Dari Awal Rakyat Memang Tidak Percaya

Jakarta – Masih belum reda keriuhan Irjen Ferdy Sambo jadi tersangka. Sejak awal, masyarakat Indonesia sudah sulit percaya.
Hal itu tergambarkan dalam analisa Drone Emprit soal Tren Polemik Kasus Penembakan Brigadir J yang dianalisa Founder Drone Emprit dan Media Kernels Indonesia, Ismail Fahmi. detikINET sudah meminta izin untuk mengutipnya, Kamis (11/8/2022).

Dalam pemantauan pemberitaan dan perbincangan media online dan media sosial dari 11 Juli – 10 Agustus 2022, tampak pada awalnya sentimen negatif sangat menguasai. Sebelum Ferdy Sambo jadi tersangka, 53% sentimen masyarakat adalah negatif dari 11 Juli – 9 Agustus 2022 pukul 17.59 WIB.

Dari awal publik tak percaya kasus penembakan Brigadir J. Foto: Ismail Fahmi/Twitter
“Keraguan publik antara lain berupa kecurigaan bahwa Polri yang menyembunyikan sesuatu, curiga ada banyak polisi yang terlibat dalam kasus ini. Kapolri kemudian lakukan mutasi pada 25 anggota kepolisian termasuk 3 Brigjen. Dan ragu apakah Polri bisa menyelesaikan kasus ini,” kata Ismail Fahmi.

Menurut Ismail Fahmi, sedari awal masyarakat sudah sulit percaya. Keterangan polisi dirasa janggal. Publik curiga dengan pelaku awal yang ditetapkan oleh polisi. Pernyataan kuasa hukum keluarga Brigadir J juga makin memicu spekulasi.

Baca juga:
Tebak-tebakan Motif Ferdy Sambo ‘Khusus Dewasa’
“Hal tersebut menurunkan tingkat kepercayaan sekaligus menaikkan sentimen negatif masyarakat terhadap institusi Polri,” kata dia.

Bukan cuma Polri, Kompolnas dan Komnas HAM menurut Ismail Fahmi juga kena sentimen publik. Masyarakat memang sudah susah untuk dibodoh-bodohi. Oleh karena itu, penetapan Ferdy Sambo sebagai tersangka, menjadi titik balik krusial di media sosial.

Ferdy Sambo jadi tersangka disambut reaksi netizen Indonesia. Foto: Ismail Fahmi/Twitter
“Peta media sosial setelah Ferdy Sambo menjadi tersangka didominasi oleh sentimen positif 89%,” kata dia.

Hal itu didorong amplifikasi keterangan Polri soal penetapan FS sebagai tersangka dan apresiasi publik terhadap langkah penetapan tersangka. Keterangan Polri soal kronologi sebenarnya dan trending tagar #WujudPolriTegas juga menaikkan kepercayaan masyarakat. Memang nih, jangan remehkan kekuatan dan reaksi netizen Indonesia…

Link: https://inet.detik.com/cyberlife/d-6228485/kasus-ferdy-sambo-dari-awal-rakyat-memang-tidak-percaya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s