#DeklarasiTemanGanjar Disebut Lebih Besar dari Anies-RK

Jakarta, CNN Indonesia — 

Percakapan yang menggunakan tagar #DeklarasiTemanGanjar di media sosial Twitter disebut memiliki volume lebih besar, aktif, dan serius dari pada percakapan mengenai Anies Baswedan-Ridwan Kamil.

Hal ini diungkapkan oleh pendiri Drone Emprit, sebuah program Social Analytic Network (SNA), Ismail Fahmi melalui hasil analisisnya yang berjudul Persiapan 2024? #DeklarasiTemanGanjar VS Anies-RK.

Menurut Ismail, dalam seminggu terakhir, terdapat tagar #DeklarasiTemanGanjar yang digaungkan di media sosial Twitter guna mendukung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Di sisi lain, terdapat cuitan yang mempromosikan pertemuan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Sumedang.

“Ini menunjukkan tim Ganjar sudah lebih serius mempromosikan tagar dibanding Anis-RK (Ridwan Kamil),” kata Ismail melalui akun Twitter pribadinya, Minggu (13/6) dini hari.

Baca juga: Daftar Elektabilitas Para Pemimpin Parpol Bakal Capres 2024

Ismail lantas menunjukkan peta SNA hasil analisis Drone Emprit. Dalam peta itu terlihat jaring percakapan antara pengguna media sosial di Twitter mengenai #DeklarasiTemanGanjar jauh lebih besar dan banyak dibanding peta percakapan Anies-RK. Bahkan jejaring pesan Anies-RK tampak jauh lebih sedikit.

Dalam cluster #DeklarasiTemanGanjar, Ismail menemukan beberapa narasi seperti “Tenab Ganjar akan deklarasi. Mohon doa dan dukungannya. Salam TEGAR,”sebagaimana diunggah oleh akun @TemanGanjar2705. Selain itu adalah, “Dalam rangka deklarasi Teman Ganjar, saya mau bagi-bagi kaos teman Ganjar,” yang diunggah oleh akun @ChysnulCH.

Sementara, dalam cluster Anies-RK, beberapa narasinya hanya bersifat informatif dan tidak menggalang dukungan. Seperti, “Gubernur @aniesbaswedan mengunjungi KEraton Sumedang bersama Gubernur Jawa Barat @ridwankamil,” sebagaimana diunggah oleh @kebijakananies. Sementara narasi lainnya seperti, “Sumendang kedatangan Anies BAswedan dan Ridwan Kamil” serta “Subuh Keliling, Anies-RK Subuhan Bareng di Sumedang.”

Selain itu, Ismail juga mengungkap bahwa infografis dan meme yang telah didesain secara serius untuk deklarasi Teman Ganjar. Selain itu, dalam cluster percakapan Teman Ganjar ini juga terdapat banyak video. Sementara, cuitan mengenai Anies-RK tidak banyak.

“Tak banyak cuitan yang berisi promosi Anies-RK. Belum terlihat serius,” ujar Ismail.

Baca juga: Adu Kuat Capres Muda vs Tua, Siapa Paling Diminati?

Ismail lantas menyimpulkan bahwa relawan Ganjar sudah cukup serius mendeklarasikan dukungannya kepada Gubernur Jawa Tengah itu.

Sementara, pertemuan Anies dan Ridwan Kamil di Sumedang belum serius digarap oleh tim Anies-RK. Ismail lantas menduga bahwa hubungan Anies dan RK belum serius dan masih terlalu dini.

Ismail juga menyimpulkan bawa meskipun pemilihan presiden 2024 masih jauh, beberapa tokoh politik telah melakukan persiapan sejak sekarang.
“Baik secara terus terang maupun masih tipis-tipis,” kata Ismail.(iam/chs)

Link: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210613095939-32-653666/deklarasitemanganjar-disebut-lebih-besar-dari-anies-rk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s