Peneliti Sebut Pasukan Medsos Trump Lebih Banyak Dari Biden

Jakarta, CNN Indonesia — 

Hasil analisis media sosial menemukan calon petahana Presiden Amerika Serikat Donald Trump memiliki pasukan media sosial yang lebih banyak dan kuat dari calon presiden AS Joe Biden.

Hal ini disampaikan berdasarkan analisis Pendiri Drone Emprit and Media Kernels Indonesia, Ismail Fahmi. Menurutnya, pasukan media sosial ini merupakan kelebihan yang dimiliki Trump sehingga membuat petahana itu jauh lebih populer dari Biden.

“Dari dua subgrafik di atas, kita bisa melihat bahwa Trump menggunakan pasukan media sosial yang lebih banyak dan kuat dibandingkan Biden. Salah satu dampaknya adalah popularitas @realDonaldTrump di media sosial hampir dua kali lipat @JoeBiden,” kata Ismail, Kamis (5/11).

Ismail menuturkan temuan itu diperoleh ketika DE melakukan analisis jaringan sosial pada hari pemilihan, yakni pada 3-4 November 2020. DE menggunakan dua kata kunci untuk menganalisis, yakni Trump (@realDonaldTrump) dan Biden (@JoeBiden).

Dia menyampaikan volume percakapan tentang Trump selalu lebih tinggi daripada tentang Biden. Berdasarkan data, percakapan tentang Trump mencapai 4,4 juta (66 persen) dan Biden sebanyak 2,3 juta (34 persen).

Berdasarkan grafik analisis jaringan sosial, dia menyebut grafik pendukung Trump lebih besar dari Biden. Namun, dia antara mereka ada kumpulan akun MSM (media arus utama) yang lebih dekat dengan akun Biden.

“Sub grafik Biden tidak terlalu ramai,” ujarnya.

Lebih dari itu, dia menyampaikan pasukan media sosial tidak berperan dalam memenangkan pemilu. Sebab, dia berkata Trump kalah unggul dari Biden saat ini.

“Meski pasukan media sosial Trump lebih besar dan kuat, tapi hasil pemilu menunjukkan sebaliknya,” tulis Ismail lagi.

Ismail juga menganalisis kecenderungan media mainstream, seperti ABC News, CNN, AP, CBS News, NBC News, Reuters, The Washington Post, Al Jazeera, The Hill, MSNBC, hingga The Wall Street Journal. Menurut Ismail, perbincangan di media cukup seimbang, meski ada kecenderungan lebih condong ke Biden. 

Link: https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20201105173033-185-566459/peneliti-sebut-pasukan-medsos-trump-lebih-banyak-dari-biden

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s