Diskusi Publik KedaiKOPI: Penanganan Covid-19 Oleh Pemerintah Pusat

FIXINDONESIA.COM – Lembaga survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) mengadakan diskusi publik dengan tajuk “Penanganan Covid-19 oleh Pemerintah Pusat” yang diselenggarakan secara online melalui aplikasi Zoom.

Acara utama dalam diskusi publik ini adalah mengenai pemaparan hasil survei yang dilakukan KedaiKOPI tentang opini publik terhadap penanganan Covid-19 oleh pemerintah dan menjelang satu tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Diskusi publik ini juga menghadirkan sejumlah narasumber yang masing-masing memberikan kajiannya berdasarkan disiplin ilmu masing-masing.

Acara ini dilangsungkan pada Rabu, 14 Oktober 2020 secara online mulai pukul 13.00 WIB hingga 15.00 WIB. Diskusi publik ini juga disiarkan secara live melalui laman Facebook KedaiKOPI.

Narasumber yang dihadirkan pada acara ini diantaranya adalah Sudirman Said selaku Sekjen Palang Merah Indonesia (PMI).

Ismail Fahmi, Ph.D, founder Drone Emprit yang membahas tentang bagaimana topik Covid-19 dibicarakan pada media sosial.

Kemudian dr. Budi Sujatmiko, M.EPid. RKDU selaku Epidemiolog dan Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran yang memberikan penjelasan tentang pandemi Covid-19.

Selanjutnya, Psikolog Liza Marielly Djaprie juga memberikan pemaparan tentang bagaimana kondisi psikologis masyarakat Indonesia di saat pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung kurang lebih hampir selama satu tahun lamanya.

Serta Kunto Adi Wibowo, Ph.D selaku Direktur Eksekutif Lembaga Survei KedaiKOPI yang memberikan pemaparan awal tentang hasil survei yang dilakukan KedaiKOPI mengenai opini publik terhadap penanganan Covid-19 oleh pemerintah.

Diskusi yang dilakukan melalui acara ini membahas tentang bagaimana penanganan Covid-19 oleh pemerintah pusat, apa saja yang menjadi evaluasinya, dan apa saja yang dapat diperbaiki guna mempercepat penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia.

Berdasarkan pemaparan Kunto Adi Wibowo, Ph.D, KedaiKOPI memberikan hasil survei opini publik terhadap penanganan Covid-19 oleh pemerintah melalui lima aspek.

Pertama tentang tingkat kepuasan kinerja menteri, Erick Thohir menjadi yang pertama sebagai ketua harian penanggulangan Covid-19 nasional. Sedangkan yang terendah adalah Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy.

Kedua tentang kepercayaan terhadap institusi publik, Satgas Covid-19mendapatkan kepercayaan tertinggi dari publik, sedangkan yang terendah adalah kepala daerah.

Ketiga rasa nyaman pada kinerja Presiden Joko Widodo, sebagian besar masyarakat merasa nyaman dengan kinerja Jokowi.

Keempat tentang Work From Home atau bekerja dari rumah, sebagian besar responden mengatakan mereka tidak mendapatkan kesempatan Work From Home dari tempat kerjanya.

Terakhir tentang efektifitas PSBB, disebutkan bahwa masyarakat terbagi menjadi dua kelompok mengenai hal ini dan diantara kedua kelompok, data menunjukkan keberimbangan pendapat mengenai efektifitas PSBB.

Link: https://fixindonesia.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-36831799/diskusi-publik-kedaikopi-penanganan-covid-19-oleh-pemerintah-pusat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s