Sidang Putusan MK Kurang Menarik Perhatian di Media Sosial
Sidang putusan sengketa Pilpres oleh Mahkamah Konstitusi. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Jakarta, CNN Indonesia — Pemerhati media sosial Ismail Fahmi mencatat sidang putusan sengketa Pilpres yang digelar oleh Mahkamah Konstitusi tidak menarik perhatian pengguna internet.

Melalui tiga platform yanki Instagram, Twitter, dan YouTube, pantaun Drone Emprit mencatat perhatian netizen terhadap sidang sengketa Pilpres sejak 14 Juni hingga Rabu (27 Juni) angkanya terus menurun.

Melalui pantauan Drone Emprit, Ismail mengungkapkan perhatian publik saat putusan sidang masih kalah besar dibandingkan berita perceraian Song Hye Kyo dan Song Joong Ki.

“Hari ini, trending topik kita banyak dihiasi topik dan tagar tentang artis Korea. Ada beberapa tagar terkait Putusan sidang MK, tetapi tidak terlalu tinggi volumenya,” tulis Ismail dalam cuitannya, Kamis (27/6).

Pantauan Drone Emprit sejak Kamis pukul 05.39 WIB tagar #PrabowoSandi sempat memuncaki topik pembicaraan netizen. Namun, topik ini kemudian turun di peringka tdua dan kalah dibandingkan pembicaraan mengenai kabar perceraian #SongSongCouple.

Sejak pukul 10.39 WIB tagar #SongSongCouple telah memuncaki topik pembicaraan dengan 44.897 cuitan. Jumlahnya pembicaraan perceraian pasangan Song-Song terus meningkat menjadi 67.324 cuitan hingga pukul 11.39 WIB.

Kendati demikian, topik seputar sidang terwakili lewat tagar #TerimaHasilMK dan #dukungMK yang terpantau mulai dibicarakan netizen sejak pukul 10.39 WIB.

Perhatian pengguna YouTube dan Instagram di hari pertama sidang sengketa Pilpres tercatat tertinggi. Tercatat 240 ribu mentions di YouTube dan lebih dari 600 ribu mentions di Instagram terkait sidang MK hari pertama.

Sementara perhatian pengguna Twitter terhadap sidang MK terpantau mencapai puncaknya pada 20 Juni 2019 dengan agenda kesaksian saksi-saksi yang diajukan kubu capres-cawapres 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Namun perhatian netizen terhadap pengumuman MK terhadap hasil sidang sengketa Pilpres terpantau terus meningkat sejak 22 Juni 2019.

Topik pengumuman MK terkait sengketa Pilpres menjadi pembicaraan pengguna YouTube, Instagram, dan Twitter sejak 22 Juni hingga 26 Juni. Perhatian netizen terhadap sidang hasil sengketa Pilpres mencapai puncaknya pada Rabu (26/6).

Senada, direktur komunikasi Indonesia Indicator, Rustika Herlambang juga mengungkapkan atensi netizen terhadap sidang putusan sengketa Pilpres hari ini mulai menurun dibandingkan hari pertama sidang.

“Lini masa sidang sengketa pilpres 14 Juni sampai hari ini tidak mendapatkan atensi. Hari ini ada 11 ribuan akun yang memberikan respons terhadap sidang MK,” jelasnya saat diwawancara oleh CNN tv, Kamis (27/6).

Alih-alih memberikan dukungan terhadap salah satu kubu, Rustika mengungkapkan percakapan terbesar netizen justru lebih banyak memberikan dukungan terhadap MK. Disamping itu, porsi atensi terbesar terkait fakta yang terjadi selama persidangan.

“56 persen perbincangan terkait fakta persidangan dan netizen menanggapinya dengan humor terkait kejadian unik dan mengejutkan di ruang sidang,” tandasnya.

Hingga berita ini ditulis, sidang putusan sengketa MK masih berlangsung dan sedang diskors untuk salat maghrib.

Link: https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20190627184003-192-407124/sidang-putusan-mk-kurang-menarik-perhatian-di-media-sosial

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s